Custom Search

Sunday, October 3, 2010

Struktur Organisasi & Ruang Lingkup General Affairs





Didalam fungsinya, General Affairs memiliki banyak sekali tugas & tanggung jawabnya. Pada umumnya General Affairs digabung menjadi satu dengan Human Resources (HRD). Sehingga struktur organisasinya menjadi HR & GA. 

Namun suka atau tidak suka, mau atau tidak mau, biasanya para praktisi HR 'emoh" atau kurang suka apabila HR digabung dengan GA. Hal ini kurang diketahui mengapa, namun penulis tidak bermaksud untuk mendiskreditkan salah satu pekerjaan yang mulia ini, namun karena ketiadaan pakem / HandBook tentang General Affair inilah yang menyebabkan hal ini terjadi. Inipun juga diperparah lagi dengan adanya perlakukan dari para Top Management yang menganggap GA bukan pekerjaan yang bergengsi.


 

- Office Supply (ATK)
- Purchasing Office Supply
- Company Car / Pool Car
- Telephone Operator & Customer Service
Canteen / Catering
- Security
- Safety
- Pengurusan Tenaga Kerja Asing (Expatriate Formalities)
- Insurance
- Clinic / P3K
- Outsourcing
- Lokasi / Pindah Kantor
- Budgeting
- Lain-lain & tugas yang mendadak dan aneh

Jadi, bisa dibayangkan bukan, betapa banyaknya dan tumpang-tindihnya pekerjaan General Affairs. Sepintas memang semua karyawan dapat melaksanakan pekerjaan tersebut, namun tanpa adanya management kerja yang baik, mustahil hal ini dapat dikerjakan oleh para praktisi GA.


 

Apabila anda praktisi GA, maka janganlah heran apabila hampir tiap hari anda dimarahi oleh Direktur karena banyak pekerjaan yang belum rampung, meskipun anda sudah berusaha untuk membela diri dengan mengemukakan seribu argumentasi dengan disertai data-data yang faktual, tetap saja para Top Management itu tidak perduli untuk memarahi kita para GA Practitioner.


Selamat berkarya
Widhi Setyo Kusumo
Praktisi Ketenagakerjaan

3 comments:

  1. thanks...saya baru di bidang ini...
    blog ini bermanfaat sekali untuk meningkatkan pemahaman mengenai GA...

    ReplyDelete
  2. Ini bener banget.. kadang-kadang bikin kesel sendiri. sedikit nyesel nyemplung ke sini.

    ReplyDelete
  3. thanks for info.. sy udh 2 thn mnjadi GA dan ini memasuki thn ke 3 dan sy enjoy dgn pekerjaan tersebut.. namun sy msh ragu dengan sallary sbagai GA position.. apakah teman2 ada saran ? tlg wejangan nya ... terima kasih...

    ReplyDelete

Custom Search