Custom Search

Sunday, February 20, 2011

Key Performance Indicator untuk General Affairs


Key Performance Indicator / KPI adalah sebuah metode untuk membantu organisasi untuk mengukur kinerja anggota organisasi serta pencapaiannya. Di dalam prakteknya KPI seringkali disejajarkan dengan KRI (Key Result Indicator), KRA (Key Result Area), KSF (Key Success Factor), dll. Namun saya sarankan agar kita jangan berkutat di paparan definitif saja karena hal ini akan membuang energi kita di dalam menterjemahkan KPI kita di organisasi.

KRI biasanya diterjemahkan sebagai apa saja yang sudah kita lakukan di dalam perspektif Critical Success Factor (CSF). sedangkan KPI diterjemahkan sebagai panduan untuk kita di dalam memenuhi kinerja yang ditetapkan oleh organisasi.


Pembuatan KPI sifatnya unik untuk setiap perusahaan karena masing-masing memiliki visi serta target & tujuan yang berbeda-beda. Namun di dalam pembuatannya KPI harus memiliki 5 point utama yaitu SMART :
1. Specific
2. Measurable
3. Achievable
4. Result Oriented / Relevant
5. Time Bound



Setiap fungsi di organisasi memiliki KPI, dimana salah satunya adalah General Affairs. Department ini memiliki KPI yang cukup beragam dan banyak karena kegiatannya yang sangat banya & biasanya bersifat operasional lapangan. Karena cakupan pekerjaannya meliputi :
- Office Maintain & Building Maintenance
- Purchasing office supply
- Canteen / Catering
- Security
- Clinic / P3K / P2K3 / OHSAS
- dll

Berikut merupakan contoh sederhana KPI untuk General Affairs


Selamat berkarya
Widhi Setyo Kusumo
Praktisi SDM & Management
Contact email : widhi.sk@gmail.com

No comments:

Post a Comment

Custom Search